ASKEP GUILLAIN BARRE SYNDROME PDF

Guillain-Barré syndrome (GBS) is a rare disorder of the peripheral nervous system. The syndrome is named after the French physicians. Brain Nerve. Nov;67(11) doi: /mf [Novel Therapeutic Interventions in Guillain-Barré Syndrome: Review and Future. Sindrom guillain-barre merupakan sindrom klinis yang ditujukan oleh onset akut dari ETIOLOGI Ada dua teori mengenai penyebab dari guillain barre syndrome yaitu: Teo ! e #$%$

Author: Meztigrel JoJosida
Country: Mauritius
Language: English (Spanish)
Genre: Art
Published (Last): 23 May 2013
Pages: 73
PDF File Size: 17.69 Mb
ePub File Size: 1.46 Mb
ISBN: 778-3-94835-488-7
Downloads: 11136
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shalabar

Namun pada sebagian besar penderita kelumpuhan dimulai dari kedua ekstremitas bawah kemudian menyebar secara asenderen ke badan, anggota gerak atas dan saraf kranialis.

Jika antibiotik diberikan pada dosis yang besar dan sering dapat menyebkan imunosupresan menekan system imun. Seiring dengan serangan yang berlanjut, jaringan saraf perifer akan hancur secara bertahap. Komplikasi Komplikasi GBS yang paling berat adalah kelemahan atau paralisis pada synerome pernafasan, kardiovaskuler dan kelumpuhanm otot yang menetap.

Sistem ini terdiri dari saraf cranial dan saraf spinal yang menghubungkan otak dan medulla spinalis dengan reseptor dan efektor. Jarang mengenai usia dibawah 2 tahun. Penelitian menyebutkan bahwa insidensi terbanyak di Indonesia adalah dekade I samapai dekade III dibawah usia 35 tahun dengan jumlah penderita laki-laki dan wanita hampir sama.

Antigen tersebut mengaktivasi sel limfosit T. barrs

Gbs (Guillain Barre Syndrome) | Articles & News Stories

Jika virus masuk dalam tubuh maka akan terjadi reaksi antigen-antibodi. Immunoglobulin dapat menetralisasi autoantibodi patologis yang ada atau menekan produksi auto antibodi tersebut, IVIg juga dapat mempercepat katabolisme IgG, yang kemudian menetralisir antigen dari virus atau bakteri sehingga T cells patologis tidak terbentuk.

  EL SILENCIO DEL ALMA NEALE DONALD WALSCH PDF

GBS menyebabkan inflamasi dan destruksi dari myelin dan menyerang beberapa saraf. Jika dapat terdeteksi sedini mungkin dan mendapat penanganan lebih cepat, kemungkinan sembuhnya bisa lebih besar. Divisi somatic volunter berkaitan dengan perubahan lingkungan eksternal dan pembentukan respons motorik volunter pada otot rangka.

Normalnya pada bayi refleks Babinski positif, tetap jika terkena GBS nilainya negatif yaitu tidak ada dorso fleksi ibu jari juga tidak diikuti membukanya jari-jari lain. Jadi GBS berbeda dengan rematik.

Askep GBS (Guillain Bare Syndrome)

Kasus ini terjadi secara akut dan berhubungan dengan proses autoimun. Manifestasi klinisnya berupa nyeri, pembengkakan sendi, gerakan yang terbatas, kekakuan, kelemahan, dan perasaan mudah lelah. O Terapi imunoglobulin bertujuan untuk menghambat terbentuknya antibodi dari dalam tubuh yang merusak saraf dan meningkatkan kekebalan tubuh. Darah vena dikeluarkan ke dalam kantung yang berisi antikoagulan. Sebenarnya bukan hanya diet tinggi kalori tetapi juga diet gyillain protein.

Insidensi syndrome Guillain-Barre bervariasi antara 0,6 sampai 1,9 kasus per Tredi Seperti apakah perubahan saraf yang terjadi pada pasien GBS?

Akson merupakan bagian dari sel saraf 1, yang terentang menuju sel saraf 2. Pada GBS, terjadi malfungsi pada sistem imunitas sehingga muncul kerusakan sementara pada saraf perifer, dan timbullah gangguan sensorik, kelemahan yang bersifat progresif, ataupun paralisis akut.

O Tujuan pemberian imunoglobulin adalah untuk menormalkan kembali sistem pertahanan tubuh. Neuron diklasifikasi secara structural berdasarkan jumlah prosesusnya.

Limfosit T yang tersensitisasi bersama dengan limfosit B akan memproduksi antibodi melawan komponen-komponen selubung myelin dan menyebabkan destruksi dari myelin.

Pada dasarnya GBS menyerang saraf bagian perifer dahulu, jadi kelemahan lebih dahulu terjadi di bagian distal. Prognosanya Sebenarnya penderita dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu sekitar enam bulan. Diberikan secara Intravena Plasmaparesis lebih bermanfaat bila diberikan saat awal onset gejala minggu pertama. Paralisis pada otot orofaring. Tetapi akhir-akhir ini terungkap ternyata virus bukan sebagai penyebab.

  BEHRINGER DSP 1124 PDF

Kelemahan yang terjadi pada otot wajah seperti pasien tidak bisa tertawa, menangis, berbicara secara simetris dan tidak dapat mengekspresikan emosi Keperawatan Medikal Bedah, hal Hal ini menyebabkan terjadinya guillani imun terhadap myelin yang di invasi oleh antigen tersebut.

Ventilasi mekanik mungkin diperlukan jika volume ekspirasi syndrone adalah menimbulkan paralisis misalnya suksinilkolin karena meningkatnya resiko hiperkalemia yang membahayakan hidup.

Destruksi pada myelin tersebut menyebabkan sel sel saraf tidak dapat mengirimkan signal secara efisien, sehingga otot kehilangan kemampuannya untuk merespon perintah dari otak dan otak menerima lebih sedikit impuls sensoris dari seluruh bagian tubuh Umumnya sel-sel imunitas ini menyerang benda asing dan organisme pengganggu; namun pada GBS, sistem imun mulai menghancurkan selubung myelin yang mengelilingi akson saraf perifer, atau bahkan akson itu sendiri.

Jika kerusakannya menyeluruh dan kapasitas vitalnya menurun b Pada riwayat penyakit dahulu ada data tentang penggunaan obat kortikosteroid. Tergantung fungsinya, saraf dapat diklasifikasikan sebagai saraf perifer motorik, sensorik, dan otonom involunter. Sebagian besar neuron motorik, yang ditemukan dalam otak dan medulla spinalis, masuk dalam golongan ini.